-->

Sejarah dan Pengertian Alexa Rank Internet

Sejarah dan Pengertian Alexa Rank Internet - Siapa yang tidak mengenal dengan Alexa.com ? siapapun mau newbie mau pro mau mastah mau mbah atau siapapun itu pasti semuanya sudah tahu alexa rank internet, ialah sebuah website yang mengukur kualitas dan rank situs kita di dunia dan di country atau negara, dimana website itu di buat, sekarang kan di blogger, walaupun aslinya maswahyublogger.blogspot.com tetapi pas di buka akan langsung redirect ke maswahyublogger.blogspot.co.id seperti itulah .co.id ( ialah domain dari negara / country Indonesia ), kalau di United Kingdom ya pastilah menjadi .co.uk terakhirnya,, langsung saja ke pembahasan kita pada hari ini, saya akan membawa anda lebih dalam lagi untuk mengenal ALEXA.COM. ayo disimak penjelasan dan pengertia serta dilengkapi juga dengan fungsi dari alexa itu sendiri..



APA ITU ALEXA RANK...? 
Alexa Internet, Inc. adalah sebuah anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California, dan menyediakan data komersial terkait traffic web. Didirikan sebagai sebuah perusahaan independen pada tahun 1996, Alexa kemudian diakusisi oleh Amazon pada tahun 1999. Toolbar yang diciptakan oleh Alexa mengumpulkan data berupa kebiasaan berselancar penggunanya di internet dan mengirimkannya ke pusat data Alexa, di mana data-data tersebut disimpan dan di analisa, sehingga menjadi dasar dari laporan web traffic yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya. Sebagaimana tercatat pada tahun 2014, Alexa menyediakan data traffic, ranking situs web secara global maupun dalam satu negara tertentu, dan berbagai informasi lainnya pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar. Situs web Alexa dikunjungi lebih dari 8,8 juta orang setiap bulannya.

Alexa Rank itu sendiri adalah sebuah situs yang dibuat untuk mengukur kualitas blog dalam basis pemberian peringkat. Secara bahasa, Alexa Rank berasal dari bahasa Inggris dan terbagi menjadi 2 kata yaitu "Alexa + Rank". Jika diter jemahkan kedalam bahasa Indonesia maka akan memiliki arti "Alexa : Nama Situs (www.Alexa.com)" dan "Rank : Peringkat atau Ranking".
Menurut Istilah, alexa rank ini adalah sebuah situs yang memiliki fungsi untuk mengukur sejauh mana kualitas suatu situs. Sesuai dengan cara kerjanya, alexa rank akan memberikan peringkat pada blog atau situs dari peringkat 1 sampai No Data.

Selain itu, Alexa Rank juga dapat dikatakan sebuah situs yang bertugas untuk menilai atau memberikan peringkat pada seluruh situs yang ada di dunia ini, dimana alexa itu terbagi menjadi 2 bagian. Bagian tersebut sudah banyak yang mengetahuinya bahkan mungkin dari sobat yang membaca ini pasti sudah mengetahui 2 bagian tersebut. Jika sobat belum mengetahuinya, mari kita simak tentang bagian alexa.

Alexa Rank terbagi menjadi 2 bagian dan bagian tersebut meliputi wilayah lokal dan seluruh dunia (global). Jika kita mengetahui tentang 2 bagian tersebut, maka kita sudah tidak heran lagi mengapa peringkat alexa lokal dan global itu berbeda. Satu-satunya alasan mengapa Alexa Rank terbagi menjadi dua itu karena Alexa Rank juga menilai dari wilayah lokal dimana pada suatu wilayah tersebut memiliki berbagai situs dan alexa akan menilainya. Setelah berhasil di nilai, Ada banyak situs yang mendapatkan Rank dari alexa tetapi semua situs itu tidaklah sama peringkatnya. Situs yang terbaik maka itulah yang akan menempati posisi yang terbaik pula.

Begitu juga dengan Alexa Rank yang menilai secara menyeluruh atau seluruh dunia (Global). Disini adalah tempat yang angker dimana semua situs akan dinilai oleh alexa ranking. Cara kerjanya sama yaitu bagi situs yang terbaik maka akan mendapatkan posisi yang baik juga. Tapi, disini persaingannya sangat ketat dimana kita harus membuat blog kita sebaik mungkin. Hal ini dikarenakan Persaingan nilai atau peringkat ini meliputi situs yang ada di seluruh dunia.

Berbeda dengan Alexa lokal karena hanya mengukur nilai atau memberi ranking pada wilayah tertentu saja. Situs yang memiliki peringkat 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya di Alexa Rank Lokal, itu pasti terjadi perubahan pada Alexa Rank Global. Hal ini dikarenakan sebuah persaingan dimana semakin hari maka semkin sulit untuk mendapatkan posisi yang terbaik. Tapi kita juga harus bekerja keras untuk menggapai posisi rank alexa yang lebih baik lagi.

Nah, bagi sobat yang memang ingin melihat kualitas perkembangan blognya, sobat bisa mengunjungi Alexa Rank setiap hari karena Alexa ranking akan selalu update setiap harinya.

SEJARAH ALEXA RANK

Sejarah Singkat Alexa Rank Internet, Disini saya akan mengambil sebuah Sejarah Singkat dari Alexa Rank dan Alexa.com. Sejarah ini sebetulnya cukup panjang tetapi, saya hanya mengambil poin pentingnya saja dan menghemat huruf karena saya memakai hp Nokia X2-01 jadi saya sulit untuk memberikan penjelasan yang begitu panjang dikarenakan huruf yang tersedia hanya 5000 huruf... Disitu kadang saya merasa sesih.. Hehehe... Oke mari simak selangkapnya.
Alexa.com merupakan suatu situs yang berstatus sebagai anak perusahaan Amazon.com. Alexa.com ini sendiri berdiri sekitar tahun 1996 yang berpusat di San Francisco, California. Alexa.com ini adalah salah satu industri seperti yang lainnya yaitu berupa industri Sumber Informasi Internet. Alexa ini sendiri sempat menjadi sebuah mesin pencari seperti Google, namun pada tahun 2008 alexa dihentikan menjadi mesin pencari dan selanjutnya dikenal dengan Alexa toolbar.
Alexa Inc ini didirikan oleh lelaki bernama Brewster Kahledan Bruce Gilliat. Untuk sejarah nama perusahaan Alexa.com ini cukup unik karena nama itu terinspirasi dari sebuah perpustakaan yang bernama "Alexandria" yang berada di California.

Nah, itulah sejarah singkat dari Alexa.com dimana ini merupakan sebuah sejarah yang mengisahkan tentang Alexa.com dan perangkat-perangkatnya. Jadi, ini juga penting kita ketahui di dunia internet meskipun hal ini tidak wajib untuk kita ketahui ya sobat.

APA FUNGSI ALEXA RANK ?

Alexa Rank - Fungsi dan Manfaatnya | Jika kita uraikan satu persatu, mungkin banyak hal yang memuat tentang Fungsi dan Manfaat dari Alexa Rank ini sendiri. Manfaat kecil dari alexa rank ini akan kami sajikan untuk anda. Sedikit manfaat yang bisa kita rasakan terhadap blog yang kita kelola seperti hasil ketikan dari tangan kita ini dengan perbandingan nilai alexa dimana semakin bagus konten blog / situs, maka akan semakin bagus perbandingan nilai atau Peringkat dari alexa dari hari kemaren.

Fungsi dan Manfaat Alexa Rank

  • Sebagai Pemantau Perkembangan
Alexa juga bertujuan sebagai pemantau perkembangan situs yang kita kelola dimana apabila hari ini situs kita berada di posisi lain dan esoknya lain, maka disitulah akan nampak perkembangannya. Entah itu eprkembangan bagus ataupun perkembangan yang menurun. Tapi jangan khawatir karena banyak hal yang dapat anda lakukan untuk Menaikan alexa rank blog anda.
  • Jangkauan Negara
Sobat bisa juga melihat seberapa jauh situs sobat berada dalam persaingan di dunia luar atau secara tidak langsung anda berkompetisi dengan website di negeri luar sana. anda bisa melihat target atau negara-negara yang telah mengunjungi blog anda. Jika sobat tidak percaya, sobat bisa cek situs-situs yang berkualitas seperti Kaskus.co.id, Vivia.co.id, Dan Lain-lain. Mereka mempunyai rank di alexa yang menandakan pengunjung situs mereka berasal dari berbagai daerah dan berbagai negara.
Nah, itulah manfaat kecil yang dapat saya sampaikan mengenai Fungsi dan Manfaat Kecil dari alexa rank. Tapi masalah yang paling banyak di alami adalah "Alexa Rank Blog No Data". Tapi ada juga cara untuk mengatasinya.


Sekian dari saya untuk artikel tentang Sejarah dan Pengertian Alexa Rank Internet kita akan berjumpa lagi di lain waktu, ataupun di artikel yang lain nya, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua yang sudah berkunjung di website saya yang kecil ini.

Salam Mas Wahyu Blog Team.


2 Responses to "Sejarah dan Pengertian Alexa Rank Internet"

Unknown said...

alexa rank skrng no data buat yang gratisan

Moo said...

Buat yang gratisan gimana maksud nya mas..
Setau saya penyebab rank alexa ubtuk sebuah website / blog no data ada 3.
1. Belum klaim website di situs alexa nya.
2. Jarang posting, ( usahakan rutin posting kalau sudah klaim blog di alexa. )
3. Baru klaim blog kemarin. / hari ini ( tunggu saja kalau baru daftar. Saya juga nunggu 3-2 mingguan dan usahakan posting artikel secara berkala. Dan promosikan juga di sosmed. )

Itu saja faktor rank no data.. Setelah 31 harian rank blog saya ini sudah mencapai

Global 840rb
Indonesia 6100 an

Saya menggunakan yang gratis di alexa nya cuma klaim.website doang ko mas.. Jadi jangan takut kalau rank alexa no data terus.. Baca ke 3 faktor rabk alexa no data yg tadi saya sebutkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel