-->

Sejarah berdirinya dan asal muasal youtube

Sejarah berdirinya dan asal muasal youtube - Siapa yang tidak mengenal salah satu situs yang menyediakan 100% dari situs tersebut berisikan video, dan merupakan salah satu anak dari situ search engine terbesar yang ada di dunia, yaitu Google.co.id, tidak jarang kita mengunjungi Youtube.co.id hanya untuk melihat video terbaru dari idola kita atau video yang lucu dan terbaru yang di publish oleh seluruh orang yang ada di muka bumi ini, seperti apakah sejarah yang dimiliki oleh situs youtube yang di kenal sebagai situs yang mempunyai banyak sekali video ini. ??



Situs Youtube

Sejak memulai perjalanan youtube pada tahun 2005, kini YouTube telah berkembang menjadi situs berbagi video yang terbaik di dunia serta berpenghasilan lebih dari 1 miliar dollar per tahunnya. Lantas bagaimana sejarah berdirinya YouTube hingga memperoleh pencapaian yang begitu luar biasa seperti itu ? simak kisah dari perjalanan dan awal berdirinya youtube di bawah

Seperti kebanyakan startup lainnya, YouTube memulai proyeknya dengan biaya dari angel-investor (sebutan untuk investor informal perorangan yang sering menginvestasikan uangnya ke perusahaan/startup baru) dan memulai karirnya dari garasi. Butuh waktu 3 bulan bagi mereka untuk merampungkan YouTube hingga akhirnya YouTube diperkenalkan ke publik pada bulan Mei 2005.

Pada awal-awal karirnya, YouTube memiliki kantor yang terbilang sangat kecil yang teletak di lantai dua sebuah ruangan yang berada persis diantara dua restoran, yakni restoran Pizzera dan Japanese Cuisine. Pintu masuknya pun adalah pintu kecil yang diapit oleh kedua restoran tersebut. YouTube berkantor di tempat ini sampai Oktober 2006.

 Video pertama yang diunggah ke YouTube adalah video berjudul Me at the Zoo oleh Jawed Karim (salah satu pendiri YouTube) pada 23 April 2005. Video berdurasi 19 detik tersebut direkam oleh Yakov Lapitsky, pegawai awal YouTube di kebun binatang San Diego Zoo, California, Amerika Serikat (AS). Lihat Video Me At The Zoo

6 bulan sejak dirilis ke publik, YouTube kemudian memperoleh suntikan dana dari 3,5 juta dolar dari Sequoia Capital. Setelah itu dilanjutkan lagi dengan tambahan 8 juta dolar dari Sequoia and Artis Capital pada April 2006.

Semenjak itu YouTube berkembang sangat pesat dan dicap sebagai salah satu website yang paling cepat berkembang di dunia. Bahkan saat itu YouTube berada di peringkat 5 situs teramai di dunia versi Alexa, mengalahkan MySpace yang sudah berdiri jauh sebelum YouTube.

Tidak lama berselang, akhirnya YouTube diambil-alih oleh Google dengan nilai yang sangat luar biasa besarnya yaitu sekitar 1,65 miliar dolar pada 9 Oktober 2006. Di tangan Google pula lah YouTube akhirnya semakin melejit hingga seperti sekarang.
  
YouTube adalah sebuah situs web yang merupakan tempat berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan penggunanya mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini memiliki kantor yang berpusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.
Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

Sejarah perusahaan Youtube

YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal. Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan Karim belajar ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign.
Menurut cerita yang berulang-ulang diterbitkan di media, Hurley dan Chen mengembangkan ide YouTube pada bulan-bulan pertama tahun 2005 setelah mengalami kesulitan saat berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Francisco. Karim tidak datang ke pesta dan menolak pesta tersebut pernah terjadi, sementara Chen berkomentar bahwa ide YouTube tercetuskan setelah pesta makan "tampaknya diperkuat oleh metode pemasaran yang terpusat pada menciptakan cerita yang mudah dicerna konsumen".
3 orang Pencipta Youtube

YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. Kantor pertama YouTube terletak di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California. Nama domain www.youtube.com aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.
Video pertama di YouTube berjudul Me at the zoo. Video ini menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di San Diego Zoo. Video ini diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih ada sampai sekarang di situs ini.
YouTube menawarkan uji beta pada Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran resmi pada November 2005. Pertumbuhan situs ini meroket dan pada bulan Juli 2006, perusahaan ini mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dan situs ini menerima 100 juta kunjungan video per hari. Menurut data yang dikumpulkan perusahaan riset pasar comScore, YouTube adalah penyedia video daring utama di Amerika Serikat dengan pangsa pasar 43 persen dan lebih dari 14 miliar video ditonton pada bulan Mei 2010. YouTube mengatakan bahwa sekitar video berdurasi total 60 jam diunggah setiap menit dan tiga perempat materialnya berasal dari luar A.S. Situs ini menerima delapan ratus juta kunjungan unik setiap bulannya. Diperkirakan bahwa pada tahun 2007 YouTube mengonsumsi pita lebar yang sama besarnya seperti seisi Internet tahun 2000. Alexamenempatkan YouTube sebagai situs ketiga yang paling banyak dikunjungi di Internet, setelah Google dan Facebook.

Asal Muasal Youtube

Pemilihan nama www.youtube.com memunculkan masalah dengan situs bernama serupa, www.utube.com. Pemilik situs tersebut, Universal Tube & Rollform Equipment, mengajukan tuntutan hukum terhadap YouTube pada bulan November 2006 setelah situsnya dibanjiri pengunjung yang ingin mencari YouTube. Universal Tube sejak itu mengubah nama situsnya menjadi www.utubeonline.com. Pada bulan Oktober 2006, Google Inc. mengumumkan bahwa mereka telah membeli YouTube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk saham. Persetujuan ini dirampungkan pada 13 November 2006. Google tidak memberikan informasi rinci mengenai biaya operasi YouTube dan pendapatan YouTube tahun 2007 ditulis "tidak material" dalam pengisian formulir wajib. Bulan Juni 2008, sebuah artikel di majalah Forbes memperkirakan pendapatan YouTube tahun 2008 mencapai $200 juta setelah mengamati kemajuan penjualan iklannya. Pengunjung YouTube rata-rata menghabiskan 15 menit sehari untuk menonton video di sana, berbeda dengan 4-5 jam sehari yang dihabiskan warga Amerika Serikat biasa untuk menonton televisi.

YouTube menjajaki kerja sama pemasaran dan periklanan dengan NBC pada bulan Juni 2006. Bulan November 2008, YouTube membuat persetujuan dengan MGM, Lions Gate Entertainment, dan CBS, yang mengizinkan mereka mengunggah film dan episode televisi berdurasi penuh ke situs ini, disertai kotak iklan khusus penonton AS yang diberi nama "Shows". Tindakan ini bertujuan menciptakan persaingan dengan situs web seperti Hulu, yang menyimpan material tayangan dari NBC, Fox, dan Disney. Bulan November 2009, YouTube meluncurkan "Shows" untuk penonton Britania Raya dan menawarkan sekitar 4.000 acara berdurasi penuh dari 60 mitranya. Pada Januari 2010, YouTube memperkenalkan layanan sewa film daring, yang saat ini hanya tersedia untuk pengguna di kawasan Amerika Serikat, Kanada, dan Britania Raya. Layanan ini menawarkan lebih dari 6.000 film.
Pada bulan Maret 2010, YouTube mulai menyiarkan konten tertentu secara gratis, termasuk 60 pertandingan kriket Indian Premier League. Menurut YouTube, ini merupakan siaran acara olahraga besar via Internet pertama di dunia yang bersifat gratis.
Pada tanggal 31 Maret 2010, YouTube meluncurkan desain situs baru dengan tujuan menyederhanakan antarmuka dan meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di situs ini. Manajer Produk Google Shiva Rajaraman berkomentar: "Kami merasa perlu mundur sedikit dan membereskan segalanya." Pada bulan Mei 2010, YouTube dilaporkan melayani lebih dari dua miliar video per hari, jumlah yang dianggap "nyaris dua kali lipat penonton primetime di ketiga jaringan televisi terbesar Amerika Serikat". Pada Mei 2011, YouTube melaporkan di blog perusahaannya bahwa situs ini menerima lebih dari tiga miliar kunjungan per hari. Bulan Januari 2012, YouTube menyatakan bahwa jumlah tersebut naik menjadi empat miliar per hari.
Bulan Oktober 2010, Hurley menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatan CEO YouTube dan menjadi penasihat perusahaan.Salar Kamangar akan mengambil alih kendali perusahaan ini.
Pada bulan April 2011, James Zern, seorang teknisi perangkat lunak YouTube, mengungkapkan bahwa 30 persen video di YouTube mewakili 99 persen kunjungan ke situs ini.
Pada November 2011, jejaring sosial Google+ terintegrasi langsung dengan YouTube dan penjelajah web Chrome, sehingga video-video YouTube bisa ditonton di Google+.Bulan Desember 2011, YouTube meluncurkan antarmuka baru. Kanal video ditampilkan di kolom tengah halaman utama, sama seperti umpan berita situs-situs jejaring sosial.Pada saat yang sama, versi baru logo YouTube dipasang dengan bayangan merah yang lebih gelap. Inilah perubahan desain pertama mereka sejak Oktober 2006.

Fitur yang dimiliki youtube

Playback
Menonton video-video YouTube di komputer pribadi membutuhkan plug-in Adobe Flash Player yang terpasang di penjelajah web. Plug-in Adobe Flash Player adalah bagian perangkat lunak yang paling lazim terpasang di komputer pribadi dan mencakup 75% video di Internet.
Pada bulan Januari 2010, YouTube meluncurkan versi uji coba yang memanfaatkan kemampuan multimedia tertanam di penjelajah web yang mendukung standar HTML5. Hal ini memungkinkan video ditonton tanpa Adobe Flash Player atau plug-in lain.Situs YouTube memiliki halaman yang memungkinkan penjelajah web beralih ke uji coba HTML5. Hanya penjelajah yang mendukung video HTML5 dengan format H.264 atau WebM yang dapat memutar video dan tidak semua video di YouTube dapat diputar.
Pengunggahan
Semua pengguna YouTube dapat mengunggah video dengan batas durasi masing-masing 15 menit. Pengguna yang memiliki jejak rekam baik dengan mematuhi Panduan Komunitas YouTube diizinkan mengunggah video berdurasi 12 jam, tetapi akunnya perlu diverifikasi (biasanya melalui telepon genggam).Saat YouTube diluncurkan tahun 2005, pengguna bisa saja mengunggah video panjang, tetapi batas 10 menit diberlakukan pada Maret 2006 setelah YouTube menemukan bahwa kebanyakan video yang melebihi panjang tersebut berupa acara televisi dan film yang tidak diizinkan. Batas 10 Menit Tersebut Ditambah Menjadi 15 Menit Pada Bulan Juli 2010 Ukuran berkas dibatasi hingga 2 GB untuk unggahan dari situs web YouTube atau 20 GB jika pengguna memakai penjelajah versi terbaru.
YouTube menerima video yang diunggah dengan sebagian besar format kontainer, termasuk .AVI.MKV.MOV.MP4DivX.FLV, dan .ogg dan .ogv. Format video sepertiMPEG-4MPEGVOB, dan .WMV juga dapat diunggah. YouTube mendukung 3GP, sehingga video bisa diunggah dari telepon genggam. Video dengan pindai progresif atau terikat bisa diunggah, tetapi untuk kualitas video terbaik, YouTube menyarankan agar video pindai terikat di-deinterlace sebelum diunggah. Semua format video di YouTube memakai pemindaian progresif.
Kualitas dan codec
YouTube awalnya menawarkan video dengan satu level kualitas, yaitu resolusi 320x240 piksel dengan codec Sorenson Spark (varian dari H.263), dengan audio MP3 mono. Pada bulan Juni 2007, YouTube menambahkan opsi menonton video berformat 3GP di telepon genggam. Bulan Maret 2008, mode kualitas tinggi ditambahkan hingga resolusi 480x360 piksel. Bulan November 2008, mode HD 720p ditambahkan. Saat peluncuran 720p, pemutar YouTube diganti rasio aspeknya dari 4:3 menjadi layar lebar 16:9. Dengan fitur baru ini, YouTube mulai mengalihkan format kompresi video bakunya ke H.264/MPEG-4 AVC. Pada bulan November 2009, mode HD 1080pditambahkan. Bulan Juli 2010, YouTube mengumumkan bawha mereka telah meluncurkan serangkaian video berformat 4K, sehingga batas resolusinya naik hingga 4096x3072 piksel. Akan tetapi, per 2012 batas ini diturunkan menjadi 2048 x 1536.
Video-video YouTube tersedia dalam beragam level kualitas. Nama kualitas standar (SQ), kualitas tinggi (HQ), dan definisi tinggi (HD) sudah diganti dengan angka-angka yang mewakili resolusi vertikal video. Aliran video bakunya menggunakan format H.264/MPEG-4 AVC dengan audio AAC stereo.
Non-DASH
itag value[1]
Kontainer baku
Resolusi video
Enkode video
Profil video
Bitrate video(Mbit/s) [2]
Enkode audio
Bitrate audio (kbit/s) [2]
5
FLV
240p
Sorenson H.263
N/A
0.25
MP3
64
6
FLV
270p
Sorenson H.263
N/A
0.8
MP3
64
13
3GP
N/A
MPEG-4 Visual
N/A
0.5
AAC
N/A
17
3GP
144p
MPEG-4 Visual
Simple
0.05
AAC
24
18
MP4
360p
H.264
Baseline
0.5
AAC
96
22
MP4
720p
H.264
High
2-3
AAC
192
34
FLV
360p
H.264
Main
0.5
AAC
128
35
FLV
480p
H.264
Main
0.8-1
AAC
128
36
3GP
240p
MPEG-4 Visual
Simple
0.175
AAC
36
37
MP4
1080p
H.264
High
3–5.9
AAC
192
38
MP4
3072p
H.264
High
3.5-5
AAC
192
43
WebM
360p
VP8
N/A
0.5
Vorbis
128
44
WebM
480p
VP8
N/A
1
Vorbis
128
45
WebM
720p
VP8
N/A
2
Vorbis
192
46
WebM
1080p
VP8
N/A
N/A
Vorbis
192
82
MP4
360p
H.264
3D
0.5
AAC
96
83
MP4
240p
H.264
3D
0.5
AAC
96
84
MP4
720p
H.264
3D
2-3
AAC
192
85
MP4
1080p
H.264
3D
3-4
AAC
192
100
WebM
360p
VP8
3D
N/A
Vorbis
128
101
WebM
360p
VP8
3D
N/A
Vorbis
192
102
WebM
720p
VP8
3D
N/A
Vorbis
192
DASH (hanya video)
itag value[1]
Kontainer
Resolusi video
Enkode video
Profil video
Bitrate video (Mbit/s) [2]
133
MP4
240p
H.264
Main
0.2-0.3
134
MP4
360p
H.264
Main
0.3-0.4
135
MP4
480p
H.264
Main
0.5-1
136
MP4
720p
H.264
Main
1-1.5
137
MP4
1080p
H.264
High
2-3
160
MP4
144p
H.264
Main
0.1
264
MP4
1440p
H.264
High
4-5
DASH (hanya audio)
itag value[1]
Kontainer baku
Enkode audio
Bitrate audio (kbit/s) [2]
139
MP4
AAC
48
140
MP4
AAC
128
141
MP4
AAC
256
171
WebM
Vorbis
128
172
WebM
Vorbis
192
Live streaming
itag value[1]
Kontainer baku
Resolusi video
Enkode video
Profil video
Bitrate video (Mbit/s) [2]
Enkode audio
Bitrate sudio (kbit/s) [2]
92
TS
240p
H.264
Main
0.15-0.3
AAC
48
93
TS
360p
H.264
Main
0.5-1
AAC
128
94
TS
480p
H.264
Main
0.8-1.25
AAC
128
95
TS
720p
H.264
Main
1.5-3
AAC
256
96
TS
1080p
H.264
High
2.5-6
AAC
256
120[3]
FLV
720p
H.264
Main@L3.1
2
AAC
128
127[4]
TS
N/A
N/A
N/A
N/A
AAC
96
128[4]
TS
N/A
N/A
N/A
N/A
AAC
96
132
TS
240p
H.264
Baseline
0.15-0.2
AAC
48
151
TS
72p
H.264
Baseline
0.05
AAC
24
Keterangan:
Dihentikan
Masih tersedia
^[1] itag is an undocumented parameter used internally by YouTube to differentiate between quality profiles. Until December 2010, there was also a URL parameter known as fmtthat allowed a user to force a profile using itag codes.
^[2] Approximate values based on statistical data; actual bitrate can be higher or lower due to variable encoding rate.
^[3] Has metadata referring to "Elemental Technologies Live".
^[4] Used as alternate audio tracks.
^itag is an undocumented parameter used internally by YouTube to differentiate between quality profiles. Until December 2010, there was also a URL parameter known as fmt that allowed a user to force a profile using itagcodes.
^2 Approximate values based on statistical data; actual bitrate can be higher or lower due to variable encoding rate.
^3 itag 120 is for live streaming and has metadata referring to "Elemental Technologies Live".


Baca Juga : Asal Muasal Nama Google
Video 3D
Dalam sebuah video yang diunggah tanggal 21 Juli 2009, teknisi perangkat lunak YouTube Peter Bradshaw mengumumkan bahwa pengguna YouTube sekarang bisa mengunggah video 3D. Video jenis ini dapat ditonton dengan beberapa cara, termasuk metode anaglif (lensa sian/merah) yang membutuhkan kacamata khusus untuk mendapatkan efek 3D-nya.Flash Player YouTube bisa menampilkan konten stereoskop dengan pola baris, kolom, atau papan catur, samping-sampingan atau anaglif dengan kombinasi merah/sian, hijau/magenta, atau biru/kuning. Pada Mei 2011, pemutar YouTube versi HTML5 mulai mendukung rekaman 3D samping-sampingan yang kompatibel dengan Nvidia 3D Vision.

Keteraksesan konten

YouTube menawarkan kemampuan menonton video di situs luar. Setiap video YouTube memiliki kode HTML yang bisa ditanamkan di situs manapun di Internet. Fungsi ini sering dipakai untuk memasang video YouTube di halaman jejaring sosial dan blog. Pemasangan video, fitur peringkat, dan komentar dapat dinonaktifkan oleh pemilik video.
YouTube jarang menaruh tautan unduh di video-videonya agar ditonton melalui situs webnya saja. Sejumlah video, seperti pidato mingguan Presiden Barack Obama, dapat diunduh dalam bentuk MP4. Banyak sekali situs web, aplikasi, dan plug-in pihak ketiga yang memungkinkan pengguna mengunduh video-video YouTube. Pada Februari 2009, YouTube melunrukan layanan uji coba yang mengizinkan beberapa mitra menaruh tautan unduh secara gratis atau berbayar melalui Google Checkout. Pengaturan baku saat mengunggah video ke YouTube adalah pengunggah akan tetap memegang hak cipta video tersebut, namun sejak Juli 2012 pengunggah bisa memilih lisensi Creative Commons sebagai lisensi bakunya. Lisensi ini membolehkan pengguna lain memakai dan mencampur aduk videonya jika bebas dari hak cipta.

Platform

Beberapa telepon pintar dapat mengakses video YouTube, tergantung penyedia dan data plan-nya. YouTube Mobile diluncurkan pada bulan Juni 2007 dengan protokol RTSP. Tidak semua video YouTube tersedia di situs versi telepon genggam.
Sejak Juni 2007, video-video YouTube dapat ditonton di produk-produk Apple. Konten YouTube harus ditranskode ke standar video Apple, H.264, selama beberapa bulan. Video YouTube dapat ditonton di Apple TViPod Touch, dan iPhone. Pada Juli 2010, YouTube versi perangkat bergerak diluncurkan kembali dengan arsitektur HTML5, sehingga tidak perlu memakai Adobe Flash Player dan dapat dijelajahi dengan kontrol layar sentuh. Versi perangkat bergerak ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi untuk platformAndroid. Pada bulan September 2012, YouTube meluncurkan aplikasi pertamanya di iPhone, setelah Apple menghapus YouTube dari aplikasi bawaannya di iPhone 5 dan sistem operasi iOS 6.
Pemutakhiran layanan TiVo bulan Juli 2008 memungkinkan sistemnya mencari dan memutar video-video YouTube.Pada bulan Januari 2009, YouTube meluncurkan "YouTube for TV", versi situs yang dirancang untuk televisi dan perangkat media berbasis TV lain yang memiliki penjelajah web. YouTube for TV awalnya hanya bisa ditonton dikonsol permainan video PlayStation 3 dan Wii. Bulan Juni 2009, YouTube XL diluncurkan dengan antarmuka sederhana yang dirancang untuk ditonton di layar televisi standar. YouTube juga tersedia di Xbox Live. Tanggal 15 November 2012, Google meluncurkan aplikasi resmi untuk Wii, sehingga pengguna bisa menonton video YouTube dari saluran Wii. Aplikasi ini juga tersedia id Wii U dan videonya bisa ditonton di Wii U Internet Browser menggunakan HTML5.
Lokalisasi
Pada tanggal 19 Juni 2007, CEO Google Eric Schmidt berada di Paris untuk meluncurkan sistem lokalisasi baru. Antarmuka situs web ini tersedia dalam versi lokal di 83 negara, satu teritori (Hong Kong) dan versi global.
Demikianlah Artikel saya mengenai Sejarah berdirinya dan asal muasal youtube semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi referensi kalian.. sampai jumpa di kemudian hari..

Salam Mas Wahyu Blog Team.


14 Responses to "Sejarah berdirinya dan asal muasal youtube"

Dewara Septio Tirada said...

Tapi masih belum bisa ngalahin facebook ya. nice info!

Unknown said...

kerja keras ga akan mengkhianati sih ahha

Unknown said...

saya sensiri tau youtube baru 7thn yang lalu by dedi mekanikmitsubishi

Muhammad Fauzan Adiman said...

ajib nih yutup, tapi masih terlalu banyak menyedot kuota XD
gue mah apa atuh, cuma Free Wifi Hunter
Ajib juga nih artikelnya

Unknown said...

wih konten artikel nya kaya keju gan :D maknyoss lengkap banget :) mantap gan.. ane baru tau nih sejarah youtube .. makasih udah share gan

Unknown said...

youtube emang bagus gan wajar kalau sukses

Kurazone Net said...

lengkap buangets gan informasinya.,., klo sejarahnya panjang kayak gini mungkin bisa di film kan ., hehehe 02 12

Moo said...

iya soalnya facebook sudah dahulu gan,, terciptanya juga duluan facebook ketimbang youtube

Moo said...

iya setiap kerja keras yang di keluarkan pasti berbuah manis

Moo said...

iya sykur lah kalau sudah tahu sejarah nya mah

Moo said...

hehe iya kalau streaming tuh kan banyak nyedot kuota gan

Moo said...

sama-sama gan,,

Moo said...

iya bukan karena bagus nya gan, tapi karena usahanya dari awal membangun youtube

Moo said...

hehe wah masa di film kan segini mah pendek gan,, youtube sejarah nya masih panjang ini hanya garis besarnya saja

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel